Pencarian

Senin, Juni 16, 2008

ANAFILAKSIS


APA YANG DI MAKSUD DENGAN ANAFILAKSIS ?

Anafilksis adalah reaksi alergi serius yang mengenai banyak bagian tubuh sekaligus dan secara potensial bisa menyebabkan kematian. Reaksi ini dapat terjadi dalam waktu beberapa menit atau berapa jam setelah memicu tertentu, seperti makanan tertentu, sengatan serangga atau obat. Reaksi bahkan dapat di sebabkan oleh lakteks atau olahraga yang banyak mengeluarkan tenaga.

Tanda – tanda peringatan.

Ketahuilah orang tua dapat bisa menimbulkan ketakutan bils mengetahui bahwa anafilaksis berbentuk bermacam – macam gejala reaksinya dapat sama dengan masing – masing episode tetapi dapat berbeda – beda dari satu orang dengan orang lainya dan dari satu episode ke episode selanjutnya. Dalam sebagian besar kasus, gejal – gejala yang di alami oleh seorang anak dapat meliputi berbagi macam bagian pada tubuh, seperti kulit, perut,saluran pernafasan, jantung, dan pebuluh darah. Reaksi dapat berakibat fatal jika tidak segera di atasi.

Anak anda mungkin mengalami gejala – gejala ini selama reaksi anafilaksis :

  • penyakit galegata. Gejala – gejala tersebut bisa berupa penyakit galegata yang menyebar dengan cepat di sekujur tubuh.
  • pembengkakan pada wajah, bibir, lidah atau mata, tangan kaki, atau alat kelamin.
  • bentuk yang membandel, sulit bernafas, bunyi bercuit – xcuit saat saat bernafas, dada sesak..
  • tenggorakan kaku, sulit menelan atau berbicara.
  • detak jantung cepat atau tidak teratur
  • mata merah dan berair
  • hidung meler dan bersin – bersin
  • gatal – gatal
  • warna merah atau beruam – ruam pada bagian - bagian tubuh yang berbeda.
  • perut cukup nyeri, mual, muntah, diare.
  • perasaan takut atau firasat, akan datangnya malapetaka
  • merasa lemah, pusing atau pingsan
  • jatuh, tak berdaya, kehilangan kesadaran.

BERTINDAK CEPAT JANGAN DI TUNDA – TUNDA

Apapun reaksi awalnya, pengasuh anak harus memberikan pertolongan awal pada reaksi dan tidak menunggu waktu untuk mengetahui apakah reaksinya semakin memburuk, karena rekasi dapat menjadi lebih serius hitungan detik hingga dua jam.

Mungkin bisa terjadi penundaan respon atau reaksi kedua hingga 24 jam kemudian, pertolongan melibatkan pemberian obat penyelamat yangn disebut epinephrine (adrenaline) pada permulaan reaksi, kemudian segera melarikan anak ke bagian gawat daruratrumah sakit terdekat.

Yang dapat mengancam pemicu kematian

Alergen – alergen yang paling umum dapt menyebabkan reaksi anafilaktit yang berpotensi menyebabkan kematian anatara lain :

  • Kacanga tanah
  • kacangan – kacangan pohon
  • kerang – kerangan
  • olahraga
  • sengatan serangga
  • antibiotik – antibiotik tertentu
  • karet lakteks

APA YANG TERJADI SELAMA ANAFILAKSIS

Selasma efisode anafilaksis, pemicu khusus menyerang sel – sel tertentu dalam darah, utamanya sel – sel inti. Dalam kasus di mana pemicu adalah zat penyebab alergi (alergen), pemicu tersebutterikat5 dengan struktur – struktur pertahanan pada permukaan sel yang dikenal sebagai antibodi IgE. Akibatnya adalah pelepasan kimia – kimia tertentu, yang salah satunya adalah histamin, yang menghasilkan gejala – gejala anafilaksis yang berbeda – beda pada anak anda.

Siapa Yang Mungkin Berisiko

  1. anak – anak penderita asma. Salah satuya teori mengatakan bahwa paru – paru mereka mengandung semakin banyak sel – sel inti, yakni, sel – sel itu sendiri yang juga terlibat serangan anafilaksis. Anak – anak ini mungkin memiliki resiko yang bahkan lebih besar jika asma mereka tidak di kendaliikan dengan baik.
  2. anakan – anak yang pernah mengalami serangann anakfilaksi yang serius sebelumnya. Mereka mungkin lebih cenderung terkena karena sel – sel inti mereka lebih sensitif.
  3. anak – anak yang mengalami reaksi terhadap kacang tanah, kacang – kacangan, kerang – kerangan. Reaksi terhadap makanan – makanan ini cenderung lebih serius.
  4. anak – anak yang menggunakan obat beta – bloker ( obat yang di gunakan untuk mengatasi konsisi – kondisi tertentu, semacam ini seperti gangguan jantung, berdebar – debar ), dapat menghalangi efek epinephrine, obat yang di gunakan untuk mengatasi reaksi – reaksi anafilaksis.

Penyebab umum.

  1. makanan – makanan tertentu makanan merupakan penyebab paling umum, khususnya kacang tanah, kacangan – kacangan pohon dan kerang – kerangan. Makan – makanan umum seperti lainya yaitu : susu, telur, gandum, kedelai, ikan dan biji wijwn, hampir setiap makanan dapat menyebabkan reaksi alergi dan bisa mengancam nyawa.
  2. sengatan serangga. Sebagian besar sengatan serangga berasal dari serangga – serangga yang termasuk dalam kelompok hymnoptera. Mereka meliputi yellow jaket, yellow hornet ( lalat kerbau bewarna kuning), hornet bermuka putih, tawon dan lebah madu.serangga – serangga penggit tdak menyebabkan gangguan yang sama seriusnya.
  3. obat – obatan. Meskipun beberapa obat dapat menyebabkan anafilaksis, biang kerok yang paling besar adalah antibiotik, seperti pisilin, khususnya karena obat obat ini pada umumnya di gunakan untuk menyembuhkan infeksi bakteri pada anak – anak. Obat – obat lain dapat menyebabkan anafilaksis adalah NSAIDS, anti sawan, sekaligus obat bius.

4. karet lateks. Ini merupakan penyebab yang relatif baru sejak sarung tangan

karet lateks dalam berbagai profesi medis dan dental di gunakan sekitar 15 tahun yang lalu. Bersentuhan dengan bagian – bagian tubuh yang lembab, seperti ketika melakukan operasi bedah atau gigi, dapoat menyebabkan resiko paling besar, meskipun menghirup partikel – partikelnya atau terpapar denganya juga dapat menyebabkabkan reaksi.

  1. olahraga. Olahraga yang berat berkaitan dengan beberapa episode anafilaksis. Mekanisme bagi anafilaksis yang di sebabkan oleh olahraga belum di mengerti dengan baik, tetapi seorang anak dapat terkena anafilaqksis yang di sebabkab oleh olahraga jika ia berolahraga dalam waktu dua hingga empat jam setelah makan – makanan tertentu yang tidak normalnya menyebabkan gangguan.

Tidak ada komentar:



IndoBanner Exchanges